• Reese Ritchie ha publicado una actualización hace 2 meses

    Solo ialah salah satu kota di tempat Jawa Tengah yang senantiasa menarik perhatian. Kota dengan keberagaman kebiasaan ini memang masih amat kental akan adat istiadat Jawanya. Khusus dengan adanya kesultanan menjadi tenaga tarik tersendiri dari Kota solo ini. Kota yang tenar dengan kebudayaan ini menjadi salah satu tujuan liburan terpenting untuk liburan Senin dan kebudayaan.
    Solo dengan berbagai hal menakjubkan didalamnya membuat kota mampu menarik banyak wisatawan dari bermacam kota di seluruh negeri malahan ada pula wisatawan yang berasal dari luas Indonesia.

    Untuk urusan kebiasaan, kota ini masih sangat kental dengan adat istiadat Jawanya. Dari mulai bahasa, tata krama, dan malah makanannya semuanya seakan berbeda dengan tempat Jawa tengah lainnya. Memang Jawa tengah itu unik, tiap sisinya memiliki perbedaan yang bisa dibilang signifikan. Kebudayaan di daerah solo masih betul-betul dijunjung tinggi. Didaerah solo dan sekitarnya memang masih betul-betul mudah dijumpai daerah-daerah berlatih kesenian khas Jawa yang mungkin di tempat lain telah sulit untuk dijumpai. Di kota ini masih banyak kita memandang si kecil-buah hati belajar kesenian tradisional terlebih tari tradisionalnya.

    Bukan hanya kesenian berupa tari dan musik kota solo juga familiar dengan hasil kerajinannya terutamanya berupa kain batiknya. Selain pekalongan, batik solo juga adalah salah satu yang paling diminati dan memiliki nilai jual tinggi di pasaran, Sehingga tidak heran jikalau pemerintah ikut serta serta menyokong industri ini supaya cakap berkompetisi di pasar internasional sekalian kapabel menjadi warisan kebiasaan yang nantinya bisa selalu dinikmati oleh buah hati cucu kelak. Industri batik di kota Surakarta ini juga bisa mendukung perekonomian masyarakat, terutamanya bila banyak wisatawan yang berkunjung segera mampir untuk membeli batik atau sekadar untuk belajar membatik. Bukan cuma profit secara finansial yang didapat, tetapi lewat batik masyarakat asli solo juga lebih dekat dengan para pendatang.

    Terlepas dari kesenian dan tradisi yang dimiliki, kota ini juga mempunyai sebagian destinasi wisata favorit yang senantiasa ramai dikunjungi wisatawan. Salah satunya ialah keraton Surakarta. Seperti yang telah kita kenal bahwa solo merupakan salah satu daerah yang masih mempunyai kesultanan dan keraton Surakarta menjadi salah satu ikon yang menarik dari kota ini. Keraton Surakarta atau keraton solo adalah tempat bersejarah di kota hal yang demikian yang sudah berdiri semenjak tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwono II. Keraton ini menjadi bukti riil bahwa Indonesia memang bhineka tunggal ika, meski banyak perbedaan tetapi perbedaan tersebut tak segera memunculkan perpecahan. Riilnya sekalipun Indonesia sudah memiliki sistem pemerintahan yang modern, keraton Surakarta dan mungkin keraton-keraton didaerah lain tidak segera dihilangkan demikian itu saja.

    yang menarik lainnya dari kota ini merupakan makanannya. Banyak sekali variasi macam makanan yang bisa dinikmati saat berkunjung di kota tersebut. Salah satu tipe makanan khas kota solo yang banyak diburu pelancong maupun masyarakat setempat ialah nasi liwet. Nasi liwet yaitu nasi putih yang dipersembahkan diatas daun pisang yang mempunyai lauk pauk. berupa sayur labu siyam dengan suwiran ayam dan telur rebus cakap menggoyang lidah penikmatnya.